NEWS

Aktivis PMII IAIN Jember Juarai LKTI HSN PCNU Pamekasan

PAMEKASAN — Rangkain kegiatan Hari Santri Nasional (HSN) 2019 yang digelar oleh PCNU Pamekasan diisi dengan berbagai macam kegiatan dan perlombaan usai digelar. Salah satunya ialah Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) Santri bertema “Santri Melawan Radikalisme”.

Dalam ajang yang diikuti santri dan mahasiswa se-Jawa Timur tersebut, Iftita Kurnia Rahmadina, salah seoarang mahasiswi asal IAIN Jember, berhasil meraih juara pertama. Prestasi itu ia raih berkat tulisannya yang berjudul “Aksentuasi Nilai Pesantren Sebagai Solusi Deradikalisasi di Indonesia”.

Saat berkunjung ke redaksi NU Online Pamekasan, dara yang sedang menimba ilmu agama di Pondok Pesantren Darul Arifin 2 ini mengaku tidak percaya dirinya bisa meraih juara pertama.

“Saya tidak menyangka, karena jauh dari seberang pulau, yaitu Jember, dan juga karena dikejar deadline. Tapi, alhmdulillah bisa juara satu,” tutur aktivis Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Rayon Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Komisariat IAIN Jember itu.

Iftita berharap, capain itu menjadi pijakan bagi dirinya dalam melawan radikalisme di bumi Nusantara ini.

“Seorang santri dan mahasiswa harus tetap bergerak di ranah akademis melalui tulisan ataupun tindakan dalam melawan radikalisme,” imbuhnya.

Santri, lanjut Iftita, harus tetap berdakwah dengan santun seperti yang diajarkan kiai di pesantren, dan menjunjung nilai-nilai toleransi agar dapat tercipta perdamaian di Nusantara ini.


Reporter: Zainal
Editor: Ahnu