NEWS

Diklat SMS, Menjadi Mahasiswa Syariah IAIN Madura yang Smart

PAMEKASAN — Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura mengadakan Diklat Salam Mahasiswa Syariah (SMS) untuk mahasiswa semeter satu dan semester tiga Program Studi (Prodi) Hukum Ekonomi Syariah dan Prodi Hukum Keluarga Islam.

Kegiatan tersebut berlangsung sejak Jum’at Sore sampai Senin (25-28/10/2019) di Aula Yayasan Sosial dan Pendidikan Islam Miftahul Ulum (Yaspimu), Ba’batoh Barat, Kertagena Tengah, Kadur, Pamekasan, diikuti oleh 210 peserta.

Ketua panitia, Moh. Hilal menerangkan, diklat SMS ini guna membentuk karakter mahasiswa menjadi pribadi yang cerdas, disiplin, bertanggung jawab dan tangguh menghadapi segala permasalahan di kampus.

“Mahasiswa tidak hanya belajar, tapi butuh mental yang kuat menghadapi masalah. Harus tahu cara berinteraksi dengan dosen dan sesama mahasiswa, sehingga tidak mudah setres,” terang Hilal.

Hal senada diungkapkan Ketua Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) Fakultas Syariah, Muhammad Nuril Anwar, mahasiswa harus menjadi mahasiswa yang smart dan berdaya saing, dengan semangat berorganisasi.

“Tema yang kita angkat adalah ‘Membentuk Karakter Mahasiswa Syariah yang Religius, Kompeten, dan Berdaya Saing Melalui Spirit Berorganisasi,’ ini juga jadi harapan kami untuk mahasiswa syariah, menjadi lebih maju dan mengaharumakan nama baik jurusan, fakultas dan kampus kita tercinta,” tukas Nuril.

Selama empat hari, peserta diberikan materi keorganisasian dengan desain kegiatan yang tidak monoton untuk menghilangkan rasa bosan.


Reporter: Imam S (NUO.19-001)
Editor: Abror