NEWS

Launching Batik Lokal IPNU-IPPNU, Cak Samin Mengaku Bangga dan Ucap Syukur

PAMEKASAN – Muhammad Samin, Ketua Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Pamekasan merasa bangga dan mengucap syukur atas launching Batik Lokal IPNU-IPPNU Pamekasan. Hal tersebut disampaikan pada acara “Closing Night Remonah IPNU-IPPNU Mekkasen”, di Pendopo Mandhapa Agung Ronggosukowati, Selasa malam (21/03/2023)

Melalui beberapa proses, perjuangan dan revisi, akhirnya batik lokal IPNU-IPPNU Pamekasan bisa diresmikan dan mempunyai legalitas sebagai sebuah ciri khas batik asli Pamekasan yang didesain dan ditulis tangan oleh Faizatul Lailiyah, Pengurus Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kecamatan Proppo.

Di depan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Pamekasan dan jajaran Majelis Alumni (MA) IPNU-IPNU Pamekasan, Cak Samin, sapaan akrabnya, menuturkan, Batik Lokal IPNU-IPPNU Pamekasan ini sebagai bukti aktualisasi salah satu visi misi pengurus dalam poin pengembangan kemandirian ekonomi. Menurutnya, hal ini menjadi bukti, IPNU IPPNU Pamekasan betul-betul serius membangun kemandirian ekonomi organisasi

“Syukur alhamdulillah kepada Tuhan, Kami (Pengurus PC IPNU-IPPNU Pamekasan, Red) bisa me-launching Batik Lokal IPNU-IPPNU Pamekasan. Hal ini tentunya menjadi sesuatu yang baru dan pertama kali dilakukan Pamekasan, di mana sebelumnya pelajar di Pamekasan hanya menjadi konsumen dari beberapa batik pelajar NU yang sudah ada. Alhamdulillah, pada kesempatan bahagia kali ini, PC IPNU-IPPNU Pamekasan membuat inovasi baru dengan menciptakan batik lokal khusus pelajar NU Pamekasan,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu pula, Mahasiswa Program Studi Akuntansi Universitas Islam Madura (UIM) tersebut juga menyampaikan, kepengurusan periode 2022-2024 kemarin juga berhasil melaksanakan Masa Kesetiaan Anggota (Makesta) dan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Pamekasan.

“Makesta di MAN 2 Pamekasan menjadi Makesta sekolah negeri yang pertama di Pamekasan. Hal ini menjadi fokus kepemimpinan kami dalam mengaplikasikan visi misi untuk mengakomodir sekolah-sekolah negeri di Pamekasan dalam rangka pembekalan ajaran Aswaja An-Nahdliyah yang juga menjadi harapan alumni-alumni IPNU-IPPNU Pamekasan,” ungkapnya.

Closing Night menjadi penutup serangkaian kegiatan “Remonah IPNU IPPNU Mekkasen” yang berlangsung selama tiga Bulan. Mulai dari Opening Ceremony dan Halaqah Pesantren, Sekolah Organisasi, Pelatihan Dai Daiyah, menggandeng Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (LDNU) Pamekasan, Turnamen Futsal se-Madura, Pelatihan Jurnalistik, bekerja sama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pamekasan, Latihan Dasar Komandan (LDK) dan Latihan Instruktur – Latin Pelatih (Latin Latpel)

“Apresiasi yang luar biasa kepada kepanitian yang sudah bekerja keras selama tiga bulan ini untuk mensukseskan kegiatan-kegiatan yang sudah direncanakan dari awal. Dan pada malam ini juga, menjadi tanda bahwa kepengurusan kami sudah mencapai satu tahun dihitung konferensi. Tentunya perjalanan kami masih panjang, doa dan dukungan sangat berharga bagi kami,” tutupnya.


Reporter: Ary Hidayad
Editor: Ahnu