NEWS

Puasa Istikmal, PBNU Tetapkan Idul Fitri Ahad 24 Mei

PAMEKASAN — Rukyatul hilal yang dilakukan oleh Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) melalui Lembaga Falakiyah Nahdlatul Ulama (LFNU) tidak berhasil melihat hilal.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Umum PBNU, KH. Said Aqil Sirodj, saat membacakan Ikhbar 1 Syawal 1441 yang disiarkan secara langsung melali kanal YouTube NU Channel, Jumat sore (22/05/2020).

“Dalam rangka penentuan awal bulan Syawal 1441 hijriah, Tim Rukyatul Hilal Lembaga Falakiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama pada hari Jumat tanggal 22 Mei 2020 masehi atau 29 Ramadhan 1441 hijriah, telah melakukan rukyatul hilal bi al-fi’li di sejumlah lokasi rukyat yang telah ditentukan dengan hasil hilal tidak terlihat,” kata Kiai Said.

Atas dasar rukyatul hilal tersebut dan sesuai dengan pendapat empat imam mazhab fikih puasa tahun ini harus istikmal atau disempurnakan sampai 30 hari. Atas dasar itu pula, tanggal 1 Syawal 1441 bertepatan dengan hari Ahad 24 Mei 2020.

“Kepada warga Nahdlatul Ulama semuanya dan umat Islam pada umumnya agar menyempurnakan ibadah puasa 30 hari dan berhari raya pada hari Ahad tanggal 24 Mei 2020,” tegas Guru Besar bidang Tasawuf Uiniversitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya itu.

Di akhir penyampaiannya, Kiai Said mengucapkan selamat idul fitri kepada seluruh warga NU dan umat Islam umumnya.


Reporter: Maluck Young
Editor: Aboonk