NEWS

Waspadai Virus Corona, Santri Kebun Baru Baca Burdah Keliling Pesantren

PAMEKASAN – Menyikapi ramainya isu virus corona yang masuk ke Indonesia, Santri Pondok Pesantren Miftahul Ulum Kebun Baru adakan rutinitas baca burdah keliling kompleks Pondok Pesantren, Desa Kacok, Palengaan, Pamekasan, Jawa Timur.

Kegiatan yang diikuti para santri dan asatidz tersebut diagendakan mulai Rabu malam (04/03/2020) sampai Sabtu malam (14/4/2020). Dalam hal ini, para santri dijadwal setiap malamnya.

Ketua I Bidang Ma’hadiah, Mohammad Toyyibul Anam menuturkan, kegiatan ini atas imbauan KH. Misbahul Munir Asy’ari, Pengasuh Pondok Pesantren Miftahul Ulum kebun baru. Tidak hanya itu, Wakil Rais Syuriah PCNU Pamekasan tersebut mengonsep adanya kegiatan sholat qunut nazilah setelah maghrib.

“Saya menegaskan bagi para asatidz untuk ada pengawasan selama kegiatan, dimana asatidz juga ikut terjadwal setiap malamnya, dan juga bagaimana sekiranya berjalan dengan kondusif dan tidak mengganggu terhadap ketenangan para warga, karena kegiatan ini di laksanakan pada jam sepuluh malam sampai hatam bacaan burdah,” jelasnya, Sabtu sore (08/03/2020), di Kompleks Pesantren Kebun Baru.

Toyyibul Anam menambahkan, kegiatan ini memang menjadi rutinitas sebelumnya. Namun, karena viralnya virus corona, kegiatan yang semula dilaksanakan setiap minggu ini dirubah setiap malam.

“Harapan saya, ke belakang lebih istiqamah menambah keubudiyahan, dzikir, mendekatkan diri kepada allah. Selain itu, mayoritas santri yang ditugas akan di tempatkan di daerah yang berbeda, otomatis mereka bisa hafal bacaan burdah,” pungkasnya.


Reporter: Izha (NUO.03-36)
Editor: Aboonk