NEWS

Ziarah Makbarah Awali Kegiatan Pra Harlah NU ke-95 di Pamekasan

PAMEKASAN – Peringatan hari lahir (Harlah) Nahdlatul Ulama (NU) ke-95 di Kabupaten Pamekasan, diawali dengan kegiatan ziarah makbarah ke beberapa pondok pesantren, Ahad (4/3/2018). Pada pekan pertama, ziarah makbarah dimulai dari pondok pesantren Miftahul Ulum Bettet. Di pesantren ini, pendiri NU Pamekasan, KH Siradjuddin. Ziarah dilanjutkan ke pondok pesantren Nurul Hidayah Kowel, tepatnya makbarah KH Husni Amir.

Rombongan PCNU Pamekasan kemudian beranjak ke pondok pesantren Matsaratul Huda, Panempan, makbarah KH Ahmad Syarqowi. Selanjutnya, rombongan menuju pondok pesantren Miftahul Qulub Polagan, makbarah KH Fadhali Siradj dan KH Abdul Mannan Fadhali. Terakhir, rombongan PCNU ziarah ke makbarah KH Ma’sum dan KH Abdullah Masbach.

Kegiatan ini diikuti pengurus NU dari jajaran Mustasyar, A’wan, Syuriah, Tanfidziyah dan lembaga serta badan otonom.

Ketua PCNU Pamekasan, KH Taufik Hasyim menjelaskan, ziarah makbarah akan dilaksanakan di seluruh kecamatan di Pamekasan bersama dengan pengurus majelis wakil cabang dan pengurus ranting yang menjadi jujukan ziarah. Tujuannya yakni untuk mendoakan para pejuang NU di Pamekasan, baik pejuang yang sudah merintis berdirinya NU Pamekasan sampai ke pejuang NU masa kini yang sudah wafat.

Ditambahkan Kiai Taufiq, ziarah makbarah dilaksanakan tiap pekan. Secara bergantian, ziarah dilakukan mulai dari wilayah selatan, wilayah tengah Pamekasan hingga wilayah utara. Panitia Harlah sudah membuat agenda tetap di masing-masing kecamatan yang akan diziarahi.

Selain ziarah makbarah, rangkaian kegiatan pra Harlah lainnya banyak yang sudah disusun oleh pengurus lembaga, Banom. Di antaranya seminar, bedah buku, berbagai macam lomba, pengobatan gratis, serta NU expo yang akan dilaksanakan di taman Arek Lancor.

“Kita akan buat semarak Harlah NU tahun ini dengan berbagai kegiatan yang sudah dirancang,” ungkap Kiai Taufik.

Penulis : Abror
Editor : Taufiqurrahman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *