NEWS

7 Ramadhan, Ketua NU Pamekasan Ajak Masyarakat Baca Fatihah Untuk Mbah Hasyim

PAMEKASAN — Tepat di malam tanggal 7 Ramadhan ini, Ketua PCNU Pamekasan, KH. Taufik Hasyim, mengajak seluruh umat Islam, khususnya warga NU, membaca surat al-Fatihah untuk Hadlratus Syaikh KH. Muhammad Hasyim Asy’ari atau yang sering disebut Mbah Hasyim, Raisul Akbar dan pendiri Nahdlatul Ulama.

“Malam ini (tanggal 7 Ramadhan. Red.) tanggal wafatnya Mbah Hasyim. Mari kita baca al-Fatihah,” ajak Ketua NU termuda itu, Selasa (22/05/2018) malam.

Ajakan itu, Kiai Taufik mengatakan, untuk mengenang jasa-jasa Mbah Hasyim dalam menyebarkan paham Ahlussunnah wal Jamaah di Bumi Nusantara dan perjuangannya mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia, “juga sebagai ungkapan syukur kita kepada Allah,” lanjutnya.

Mbah Hasyim merupakan pendiri Nahdlatul Ulama, organisasi kemasyarakatan terbesar di Indonesia, bahkan di dunia. Organisasi yang lahir untuk mempertahankan sekaligus memperjuangkan berlakunya ajaran Islam ‘ala thariqati ahlissunnah wal jama’ah serta sebagai bentuk perlawanan atas penjajahan di Indonesia.

Mbah Hasyim lahir pada Selasa Kliwon 14 Februari 1871 M. bertepatan dengan 24 Dzul Qa’dah 1287 H. di Pesantren Gedang Tambakrejo, Jombang, Jawa Timur. Pahlawan Nasional ini kembali ke Rahmatullah pada 25 Juli 1947 M. atau 7 Ramadhan 1366 H. dalam usia 76 tahun. Ia dimakamkan di kompleks Pesantren Tebu Ireng, Jombang.


Reporter: Abror
Editor: Ahnu


 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *