NEWS

Ansor Karangpenang Gelar Pelatihan Cyber Media

SAMPANG — Di zaman milenial ini kebanyakan para pengguna media sosial (Medsos) hanya sebatas media chatting saja. Tidak lebih. Padahal, mereka belum bisa membedakan antara berita dari media mainstream dengan berita yang ditulis media yang tidak jelas, sehingga terkesan mereka dibunuh oleh dirinya sendiri.

Hal di atas dipaparkan oleh inisiator Pelatihan Cyber Media, Fawaid pada pelatihan yang diadakan oleh Pimpinan Anak Cabang (PAC) GP Ansor Karangpenang, Ahad (13/01/19), di Sekretariatnya, Desa Karangpenang Onjur, Kecamatan Karangpenang, Kabupaten Sampang.

“Supaya para kader Ansor bisa menggunakan media secara positif dan konstruktif bagi kehidupan masyarakat. Karena jika hal ini tidak ditangani, akan menjadi dosa bagi, kami para kader Ansor,” tegas Fawaid.

Ahyak, Ketua PAC GP Ansor Karangpenang menjelaskan, acara ini bertujuan memberikan pemahaman yang utuh bagaimana bermedia dengan baik dan bermanfaat bagi masyarakat.

“Terutama bagi para sahabat Ansor yang mengikuti (acara ini. Red.) mampu untuk tetap eksis berada di tubuh Ansor Karangpenang, membesarkan nama Ansor, membesarkan nama MWCNU Karangpenang, memberikan manfaat bagi masyarakat, memberikan wawasan terhadap anak-anak muda untuk meningkatkan pemahaman terhadap ilmu pengetahuan dan media,” papar alumni Pascasarjana UIN Sunan Ampel Surabaya itu.

Kepada NU Online Pamekasan, Novianto Pujiraharjo sebagai pemateri berharap, para peserta siap menjadi pedakwah siber di era digital ini. Para pemuda Ansor harus berpikir strategis bagaimana menjadi dai cyber militan. Karena, lanjut laki-laki yang akrab disapa Gus Novi ini, konsep dakwah di dunia siber tergantung pada militansi dan kuantitas. Kelompok mayoritas pengguna siber, akan menggeser secara otomatis kelompok minoritas yang tidak militan.

“Jadi, bukan masalah mampu atau tidak, tapi mau atau tidak kita membantu para guru kita untuk berjuang, khusunya menegakkan akidah Ahlusunnah wal Jamaah di negara kita tercinta ini,” lanjut anggota RTIK Jawa Timur ini.

Acara yang diagendakan berakhir jam 22:00 itu diikuti oleh beberapa peserta internal PAC Ansor Karangpenang, delegasi Ikatan Pemuda Karangpenang (IPK), Team Multimedia Attaufiq, kader PMII komisariat Wali Songo dan Az-Zain, delegasi pesantren, serta beberapa pemuda di kecamatan setempat.

Tampak hadir waktu pembukaan, KH. Khoiron Zaini selaku Ketua PC GP Ansor Kabupaten Sampang, KH. Fathul Jawad bersama Ust. Holip atas nama pengurus MWCNU Karangpenang, perwaklian pemerintah desa setempat.


Reporter: N.O.18.09 (Mamluatul I)
Editor: Ahnu