NEWS

BAANAR Kecamatan Kadur, Ngaji Solusi Jauhi Narkoba

PAMEKASAN – Bulan Ramadhan merupakan momen dilipatgandakannya pahala setiap muslim ketika beribadah kepada Allah SWT. Berbagai kegiatan dilakukan sebagai upaya mendapatkan keutamaan di bulan turunnya Alquran itu, seperti tadarus, ngaji kitab dan memperbanyak sedekah.

Hal tersebut dilakukan Badan Ansor Anti Narkoba (BAANAR) Kecamatan Kadur, Pamekasan bersama Ikatan Santri Annuqayah Pamekasan Sampang (Iksapansa) Guluk-guluk Sumenep. Pihaknya menggelar Ngaji kitab yang dikemas dengan tema “Perbaiki Akhlak, Solusi Jauhi Narkoba”. Kitab yang dibahas tidak lain ialah karangan Hadratus Syaikh KH. Hasyim Asy’ari, “Adabul ‘Alim wa al-Muta’allim”.

Acara itu berlangsung selama lima hari sejak Selasa (27/4/2020) hingga Sabtu (1/5/2020). Kegiatan ini diikuti oleh anggota Iksapansa dan alumni Pesantren An-Nuqayah. Kemudian pada hari penutupan, dilangsungkan buka bersama di Balai Desa Kertagena Tengah bersama para tokoh NU setempat.

“Kegiatan ini sengaja kami fokuskan pada bagaimana kita bisa memperbaiki akhlak. Karena kami melihat, situsai pemuda yang mudah terserang oleh narkoba adalah kebanyakan mereka yang pergaulannya kurang baik,” tegas Kepala BAANAR Kecataman Kadur, Ra Moh. Husnan

Sementara Ketua Iksapansa, Rizki Salim menuturkan, “Ramadhan Mengaji” itu diperuntukkan bagi santri aktif dan alumni An-Nuqayah. Bertepatan dengan hari libur Ramadhan, semua anggota bisa berpartisipasi.

“Terimakasih kepada semua pihak yang telah men-support, khususnya Kepala Desa Kertagena Tengah dan sahabat pengurus Badan Ansor Anti Narkoba Kecamatan Kadur. Semoga dengan kegiatan ini, kita bisa meningkatkan tali persaudaraan antar organisasi, terlebih dalam lingkaran Ahlussunnah wal Jamaah An-Nahdliyah,” tukas Rizki, sapaan akrabnya.


Reporter: Citizen
Editor: Citizen