NEWS

Harlah ke-95 NU, Kiai Muddatstsir Ajak Nahdliyin Petik Hikmah Karamah Syaikhana Cholil

PAMEKASAN – Hari lahir (Harlah) ke-95 Nahdlatul Ulama (NU), KH. Muhammad Muddatstsir Badruddin, Mustasyar Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Pamekasan, mengajak nahdliyin, khususnya para pengurus NU agar dapat memetik hikmah kisah karamah Syaikhana Muhammad Cholil bin Abd. Latif Bangkalan.

Di tengah kesibukannya mengkaji kitab bagi para santri dan masyarakat umum, Syaikhana Cholil, menurut Kiai Muddatstsir, tetap melayani tamu yang tiap hari datang sowan berduyun-duyun.

“Pada suatu ketika, turunlah hujan yang sangat lebat. Datanglah seorang syaikh yang sepuh, nampaknya lumpuh dan berjalan dengan merangkak menuju syaikhana (Cholil, Red). Ketika syaikhana melihatnya, beliau bertanya: ‘siapa santri yang bersedia menggendong syaikh sepuh ini?” tutur Kiai Muddatstsir dalam rilisnya, Senin, (01/02/2020).

Maka, lanjut Kiai Muddatstsir, berkatalah salah satu yang hadir: “Saya siap, wahai syaikhana”. Maka, syaikh sepuh tersebut langsung digendong sampai di depan pintu dan disambut oleh Syaikhana Cholil dengan penuh hormat.

“Ketika pembicaraan antara syaikhana dengan orang sepuh itu selesai, berkatalah syaikhana: ‘siapakah yang bersedia menggendong syaikh yang sepuh ini?’ Berkatalah santri yang menggendongnya tadi: ‘saya siap menggendongnya, wahai syaikhana.’ Ketika keduanya sudah keluar, berkatalah Syaikhana kepada para santri: ‘saksikanlah, wahai santriku, bahwa ilmu-ilmuku telah dibawa oleh santri yang menggendong syaikh itu,” lanjut Kiai Muddatstsir.

Pengasuh Pondok Pesantren Miftahul Ulum Panyeppen, Palengaan, Pamekasan itu menjelaskan, syaikh sepuh dalam kisah tersebut ialah Nabi Khidir AS. Sedangkan santri yang menggendongnya ialah Hadlratus Syaikh Hasyim Asy’ari, pendiri sekaligus Rais Akbar jam’iyah Nahdlatul Ulama.

“Maka dapat dibayangkan, betapa besar barakah-nya NU bagi orang-orang yang ikhlas berkhidmah melaksanakan visi-misinya, dan betapa besar bala’-nya bagi orang-orang yang menggunakan NU hanya untuk kepentingan tertentu,” ucapnya.