BANOM

Jelang Satu Abad NU, GP Ansor Pamekasan Selesaikan Akreditasi

PAMEKASAN – Jajaran Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor se-Kabupaten Pamekasan menyelesaikan visitasi akreditasi, mulai dari tingkat Kecamatan (PAC) hingga Pimpinan Ranting (PR) GP Ansor, Sabtu malam (10/09/2022) di Pendopo Mandhapa Agung Ronggosukowati, Pamekasan, Madura, Jawa Timur.

Akreditasi tersebut dipimpin langsung oleh Pengurus Asesor Pimpinan Wilayah (PW) GP Ansor Jawa Timur selama lima jam; dimulai setelah shalat Magrib.

Dalam semua kegiatan yang telah dilaksanakan, Harun Prasetyo selaku Wakil Ketua Bidang Organisasi dan Akreditasi PW GP Ansor Jatim, menyampaikan beberapa potensi yang akan menjadi tolok ukur untuk memaksimalkan perjuangan dan pengabdian dalam organisasi Ansor ke depan.

“Maka di kita ada klasterisasi. Jika klaster tinggi, maka punya tanggung jawab yang lebih besar. Contoh klaster satu ditentulan jumlah kaum muslimin, jumlah lembaga pendidikan NU, komunikasi dan interaksi dengan stakeholdernya, serta fasilitas infrastruktur daerahnya,” jelas pria kelahiran Tuban itu.

Selain itu, akreditasi GP Ansor menjadikan peta organisasi dalam menjalankan tugas-tugas yang akan menjadi rancangan besar ketika rapat kerja (raker) tahunan, pun juga akan memudahkan kader yang disiapkan sebagai penerus jam’iyah Nahdlatul Ulama (NU) yang akan datang.

“Akreditasi ini sebagai upaya awal untuk semakin tertib berorganisasi, semua dokumen, semua administrasi harus terdokumentasi dengan baik dan diarsip dengan baik. Sehingga, menjadi dasar kita semakin disiplin berorganisasi,” lanjut Harun.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Pimpinan Cabang (PC) GP Ansor Pamekasan Syafiuddin, menyampaikan keunggulan yang dimiliki oleh Ansor Pamekasan selama dijabatnya.

“Sesuai dengan visi besar Ansor Pamekasan yakni sebagai penentu nasib bukan peminta nasib. Harapannya sumber daya Ansor siap menghadapi tantangan yang ada. Utamanya di kemandirian ekonomi dan kemandirian berpikir kader,” ungkap anggota DPRD Kabupaten Pamekasan itu.


Reporter: Baddrut Tamam
Redaktur: Hairul Anam