BANOM

Susbalan ke-37 Satkorwil Banser Jatim di Pamekasan Resmi Dibuka

PAMEKASAN – Satuan Koordinasi Wilayah (Satkorwil) Barisan Ansor Serba Guna (Banser) Jawa Timur (Jatim) menggelar Kursus Banser Lanjutan (Susbalan) ke-37 di Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Pamekasan.

Bertempat di Pondok Pesantren Bustanul Ulum Sumber Anom Angsanah, Palengaan, Pamekasan, kegiatan tersebut resmi dibuka oleh KH. Baddrut Taman, Bupati Pamekasan pada Apel Pembukaan Susbalan ke-37 Satkorwil Banser Jatim, Jumat Sore (09/09/2022).

Sebelum membuka acara yang dijadwalkan terlaksana Jumat-Ahad (09-11/09/2022) itu, Ra Baddrut menyampaikan, Banser harus memiliki komitmen kuat untuk membela Ulama, Nahdlatul Ulama (NU) dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Sebab berkat pemikiran, perjuangan dan gagasan para ulama dengan spirit Hubbul Wathan Minal Iman untuk menjaga keutuhan NKRI, semuanya bisa dirasakan bersama seperti saat ini.

“Menjadi Banser itu menjadi Islam yang sesungguhnya. Dalam perjalanan menuju satu abad NU, kita sadari penuh dinamika. Berkat konsistensi dan bimbingan para ulama serta komitmen nahdliyin, NU tetap eksis mempertahankan NKRI. Itulah yang juga harus dijaga oleh Banser,” ucap Ra Baddrut.

Dalam kesempatan itu, KH. Taufik Hasyim selaku Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Pamekasan menyampaikan, semua yang hadir pada Apel Pembukaan Susbalan ke-37 Satkorwil Jawa Timur, karena didasari oleh cinta terhadap NU, Ansor, Banser, dan NKRI.

“Yang ada dalam cinta adalah kebersamaan, persaudaraan dan persatuan. Bukanlah kebencian, permusuhan, dan perpecahan. Mudah-mudahan dengan dasar cinta ini pelaksanaan Susbalan bosa berjalan sukses dan lancar sampai akhir,” ucap KH. Taufik.

Pada kesempatan yang sama, Syafiuddin, Ketua PC GP Ansor Pamekasan menyampaikan, berbanggalah sabahat-sahabat yang menjadi bagian dari keluarga Banser.

“Menjadi Banser itu berat, karena harus punya nyali dan punya mental yang kuat dalam menghadapi segala persoalan. Tidak ada tempat bagi mereka yang pengecut dalam Barisan Ansor Serbaguna,” tegas Syafi’, sapaan akrabnya.

Hadir pada kesempatan tersebut, jajaran Syuriah, Tanfidziyah, Ketua-Ketua Lembaga dan Badan Otonom di lingkungan PCNU Pamekasan, Ketua PD Muhammadiyah dan Ketua Pemuda Muhammadiyah Pamekasan, serta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Pamekasan dan Kepala Kementerian Agama (Kemenag) se-Madura.


Reporter: Aboonk
Editor: Hairul Anam