NEWS

Masa Balik Santri, Pesantren Modern Al-Buldani Libatkan Satgas Covid-19 PCNU Pamekasan

PAMEKASAN – Guna menerapkan protokol kesehatan, Pondok Pesantren Modern Al-Buldani, Desa Durbuk, Kecamatan Pademawu, Pamekasan, Jawa Timur melibatkan Satuan Tugas (Satgas) Tanggap Covid-19 Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Pamekasan dalam pengecekan kesehatan santri yang hendak kembali ke pesantren, Rabu sore (17/06/2020).

KH. Abdurrahman Abbas, Ketua Satgas Tanggap Covid-19 PCNU Pamekasan mengungkapkan, pihak Pesantren Modern Al-Buldani berkoordinasi sejak jauh-jauh hari mengenai prosedur pengembalian santri ke pesantren.

“Jadi, beberapa fasilitas kami sediakan, seperti alat pengecekan suhu tubuh bagi santri yang kembali ke pesantren, karena berdasarkan informasi yang kami terima, bahwa banyak santri di Pesantren Modern Al-Buldani yang dari luar kota, sehingga kami pastikan kesehatan santri terlebih dahulu sebelum masuk ke pesantren,” ungkap Sekretaris PCNU Pamekasan tersebut.

Sementara itu, KH. Abdul Wahid, pengasuh Pondok Pesantren Modern Al-Buldani mengatakan, pihaknya melibatkan Satgas Tanggap Covid-19 PCNU Pamekasan, lantaran kepatuhan terhadap protokol kesehatan pemerintah, khususnya imbauan Pengurus Wilayah Nahdlatuk Ulama (PWNU) Jawa Timur.

“Kan ada imbauan dari PWNU Jawa Timur, agar pesantren melaksanakan protokol kesehatan dan berkoordinasi dengan Satgas PCNU. Jadi, keterlibatan Satgas Tanggap Covid-19 PCNU Pamekasan di pesantren ini merupakan pengejawantahan dari imbauan itu,” papar Mustasyar PCNU Pamekasan tersebut.

Usai pengecekan suhu tubuh, para santri diberikan edukasi terkait pola hidup sehat, sebagaimana protokol kesehatan dalam menghadapi pandemi Covid-19 yang dikeluarkan oleh pemerintah, seperti rajin cuci tangan dan rutin memakai masker.


Reporter: Aboonk
Editor: Wiyono