NEWS

PAC GP Ansor Kecamatan Pamekasan Gelar PKD

PAMEKASAN — Pengurus Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kecamatan Pamekasan, Kabupaten Pamekasan menggelar Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD) di Lembaga Pendidikan Islam Raudlatul Ulum, Teja Timur, Pamekasan, (23/08/2019).

Ali Wahdi selaku Ketua PAC GP Ansor Kecamatan Pamekasan mengatakan, agenda itu diharapkan dapat melahirkan calon kader yang memahami ideologi organisasi kepemudaan Nahdlatul Ulama (NU) tersebut sehingga menjadi anggota militan yang berpegang teguh pada ajaran Ahlussunnah wal Jamaah (Aswaja) An-Nahdliyah.

PAC GP Ansor Kecamatan Pamekasan, lanjut Wahdi, merupakan PAC dengan banyak tantangan. Menurut mantan aktivis Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) itu, di Kecamatan Pamekasan banyak kelompok-kelompok di luar NU yang berhaluan radikal sehingga mengancam persatuan dan kesatuan negara.

“Menurut PC (Pimpinan Cabang. Red.) Gerakan Pemuda Ansor (Pamekasan. Red.), PKD kita kali ini adalah PKD percontohan yang akan menjadi tolak ukur kesuksesan di kepemimpinan selanjutnya dan (ukuran. Red.) bagi PAC se-Kabupaten Pamekasan,” imbuhnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua PC GP Ansor Kabupaten Pamekasan, Syafiuddin, dalam sambutannya mengapresiasi atas terlaksananya agenda wajib tersebut. Ia berharap, usai mengikuti pelatihan tersebut para peserta dapat menjadi garda depan dalam membentengi ulama dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Tidak hanya itu, Syafiuddin juga menginstruksikan agar PAC GP Ansor Kecamatan Pamekasan membuka kepengurusan ranting di kompleks-komples perumahan. Hal itu, menurut Syafi’, dikarenakan bibit-bibit radikalisme di Pamekasan disebarkan oleh kelompok Wahabi di kompleks-kompleks perumahan.

Agenda yang akan berlangsung dua hari itu diikuti oleh perwakilan kepengurusan ranting di bawah koordinasi PAC GP Ansor Kecamatan Pamekasan dan delegasi PAC GP Ansor se Kabupaten Pamekasan.


Reporter: Ahnu
Editor: Wiyono