NEWS

Perdana, DKAC CBP-KPP PAC IPNU-IPPNU Larangan Gelar Diklatama

PAMEKASAN – Dewan Koordinasi Anak Cabang (DKAC) Corp Brigade Pembangunan (CBP) dan Korp Pelajar Putri (KPP) Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kecamatan Larangan menggelar Pendidikan dan Latihan Pertama (Diklatama) perdana di Balai Desa Larangan Dalam, Jumat-Ahad (20-23/01/2023).

Pertegas peran Kader CBP KPP, Ketua PAC IPNU Kecamatan Larangan, Syafiuddin, dalam sambutannya menyampaikan secara historis alasan berdirinya organisasi ini.

“CBP-KPP adalah lembaga semi otonom Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama yang dibentuk pada tahun 1964 pada kepemimpinan KH. Asnawi Latief selaku Ketua Pimpinan Pusat IPNU pada masa itu, yang dilatarbelakangi oleh konflik antara Indonesia dan Malaysia, di mana beliau juga merupakan salah aktor utama dalam persiapan melawan “boneka Inggris” tersebut. Beliau juga yang membentuk Barisan Sukarelawan Pelajar untuk bersiap sedia melawan imperialisme barat itu. Barisan ini dideklarasikan di Yogjakarta, yang pada saat itu merupakan lokasi dari kantor PP IPNU,” tegas pemuda yang akrab disapa Akang Syafik itu.

Pada kesempatan yang sama, Mohammad Samin mengapresiasi atas terselenggaranya Diklatama tersebut. Menurutnya, kegiatan ini menjadi indikator keberlangsungan organisasi pelajar NU itu di masa depan.

“Kami dari Pimpinan Cabang sangat mengapresiasi atas terlaksananya kegiatan ini. Hal ini menunjukkan bahwa PAC IPNU-IPPNU Larangan masih tetap dalam sebuah komitmen melestarikan organisasi yaitu, terus melakukan sebuah upaya-upaya regenerasi untuk menjaga eksistensi dari organisasi ini,” ujar Ketua PC IPNU Kabupaten Pamekasan tersebut.

Pesan-pesan juga disampaikan oleh K. Bukhori Akhyar. kepada panitia penyelenggara dan peserta kegiatan. Dalam sambutannya Ketua Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Kecamatan Larangan ini mengajak seluruh kader IPNU-IPPNU Kecamatan Larangan agar selalu mengedepankan al-akhlaq al-karimah.

“Jaga nama NU ataupun IPNU-IPPNU dengan akhlak yang baik dan berperilakulah sopan kepada penduduk sekitar. Cerminkan karakter Nahdliyyin yang semestinya sebagaimana sikap kemasyarakatan Nahdlatul Ulama”. Pungkasnya

Kegiatan tersebut dihadiri oleh MWCNU Kecamatan Larangan, Camat Larangan, Polsek Larangan, Komando Rayon Militer (Koramil) Larangan, Pimpinan Cabang (PC) IPNU-IPPNU Kabupaten Pamekasan, PAC IPNU-IPPNU se-Pamekasan, Pimpinan Komisariat (PK) & Pimpinan Ranting (PR) IPNU-IPPNU se-Kecamatan Larangan serta Kader CBP-KPP se-Pamekasan.


Kontributor: Bukhori
Editor: Redaktur