NEWS

Peringati Hari Pahlawan, Pemkab Pamekasan Gelar Upacara

PAMEKASAN — Pemerintah Kabupaten Pamekasan (Pemkab) menyelenggarakan upacara memperingati Hari Pahlawan 2019 di Lapangan Nagara Bhakti Mandhapa Aghung Ronggosukowati Pamekasan, Ahad (10/11/2019) pagi.

Upacara yang dimulai pukul 07:00 WIB itu dipimpin oleh Wakil Bupati Pamekasan, Raja’e, dan dihadiri oleh jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), di antaranya: Kapolres Pamekasan, Dandim 0826 Pamekasan, Sekretaris Daerah (Sekda) Pamekasan, Ketua DPRD Pamekasan, Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Pamekasan, serta jajaran lainnya.

Upacara bertema “Aku Adalah Pahlawan Masa Kini” diselenggarakan guna mengingat kembali perjuangan anak bangsa dalam mempertahankan kemerdekaan, juga mengenang pertempuran hebat 10 November 1945 di Surabaya.

“Negara kita bisa damai dan tentram seperti saat ini berkat jasa para pahlawan yang telah gugur mendahului kita,” tutur Raja’e.

Dalam upacara kali ini, dibacakan juga kata-kata mutiara para pahlawan kemerdekaan, seperti Bung Tomo, RA. Kartini, Jenderal Sudirman, Pattimura, Mohammad Hatta, Nyi Agung Sarang, Supriyadi, hingga WR. Supratman. Kemudian dilanjutkan dengan mengheningkan cipta selama satu menit guna mendoakan dan mengenang jasa para pahlawan Nasional Indonesia.

Pesan ini dibacakan agar menjadi motivasi dan sebagai bekal membangun negeri.

“Seperti menolong sesama, tidak menyebar berita yang hoax, tidak melakukan perbuatan anarkis ataupun merugikan orang lain dan sebagainya. Menjadi pahlawan tidak hanya ditunjukkan melalui pengorbanan tenaga, harta, dan nyawa. Tapi kita bisa menunjukkan dengan cara menorehkan prestasi cemerlang di berbagai bidang kehidupan,” tegas Raja’e.


Reporter: Amelya Putri (NUO.19-009)
Editor: Ahnu
Foto: Humas Protokol Pemkab. Pamekasan