NEWS

Peringati HSN 2018, IAIN Madura Gelar Apel Kesantrian

PAMEKASAN – Setelah ditetapkannya 22 Oktober menjadi Hari Santri Nasional (HSN) oleh Presiden 2015 lalu, Senin (22/10/2018) Institut Agama Islam (IAIN) Madura Pamekasan menggelar Apel Kesantrian di lapangan kampus.

Agenda yang dimulai jam 07.30 WIB tersebut, dipimpin langsung oleh Mohammad Kosim selaku rektor, dan diikuti oleh Wakil Rektor, civitas akademika dan mahasiswa dengan berbusana ala santri.

Kosim menuturkan bahwa tujuan acara tersebut untuk mengenang jasa para ulama dan santri.

“Hari ini bertepatan dengan Resolusi Jihad. Tentu ini untuk mengenang jasa para ulama dan santri yang sudah berjuang mempertahankan NKRI,” tegasnya.

Alumni PMII ini berharap dengan adanya apel tersebut dapat menanamkan jiwa santri di semua kalangan.

“Semoga seluruh civitas akademika dan mahasiwa tertanam jiwa santrinya yakni sederhana, sopan dan rajin berjamaah,” harap pria asal Sampang ini.

Dalam kesempatan yang sama, Edi Susanto juga menuturkan bahwa apel tersebut perlu ditanamkan di kalangan mahasiswa.

“Apel tadi itu, sangat penting ditanamkan di kalangan mahasiswa, karena bagaimanapun perjuangan santri terhadap NKRI sangatlah besar,” ucap Ketua Jurusan (Kajur) Tarbiyah itu.

Salah satu peserta apel, Munif, menuturkan bahwa dengan acara itu dapat  merenungi perjuangan santri terdahulu.

“Acara tadi, membawa saya untuk merenungi perjuangan santri pada resolusi jihad dulu, sehingga saya cuma bisa mendoakakan semoga perjuangan santri tercatat ibadah oleh Allah,” tegas mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab (PBA) asal Galis ini.

Setelah menggelar apel, dalam rangka mengisi momentum HSN, perguruan tinggi yang mempunyai visi misi relius, kompeten dan kompetetif tersebut, mewajibkan  seluruh komponen kampus berbusana ala santri.


Reporter: Syarofi
Editor: Ahnu