NEWS

Pesan Dewan Pendidikan Pamekasan di Hari Guru Nasional 2019

PAMEKASAN — Di Indonesia, tanggal 25 November diperingati sebagai Hari Guru Nasional. Meski bukan hari libur, biasanya sekolah-sekolah merayakannya melalui upacara atau pemberian tanda jasa bagi guru, kepala sekolah, pengawas sekolah. Hal ini dikarenakan di Indonesia guru dianggap sebagai pahlawan tanpa tanda jasa.

Pada hari guru kali ini, Ketua Dewan Pendidikan Pamekasan, Sahebuddin, mengajak para guru agar menjadi contoh yang baik, sehingga dapat memberikan kiprah pendidikan yang baik bagi anak didik di masa akan datang agar dapat memacu para generasi muda ‘Indonesia Unggul 2030’.

Hal tersebut, menurut Sahebuddin, selaras dengan tema Hari Guru Nasional tahun ini, yakni “Peran Strategis Guru Dalam Mewujudkan Sumber Daya Manusia Indonesia Unggul”.

Sesuai dengan predikat Kabupaten Pamekasan sebagai kabupaten pendidikan, Sahebuddin berharap, para guru dapat mengupayakan terbentuknya karakter peserta didik yang berakhlak agar dapat terbentuk pribadi yang sempurna.

“Hal ini menjadi persoalan mendasar agar guru dapat mendidik dengan baik, karena pembentukan karakter akhlaq al-karimah yang baik harus dimulai dari guru itu sendiri,” ucap mantan aktivis PMII Pamekasan ini melalui keterangan tertulisnya, Senin (25/11/2019).

Menurut mantan Rektor Universitaa Islam Madura (UIM) Pamekasan ini, seorang guru merupakan pribadi yang harus memberikan teladan. Hal tersebut, lanjut Sahebuddin, bisa dimulai dengan cara menekankan dan menanamkan kedisipilinan, etika, moral, dan membentuk karakter anak didik berakhlak sempurna.

“Akhir-akhir ini, tentang akhlak mengalami degradasi. Maka, harus ditekankan bagaimana akhlaq al-karimah untuk mewujudkan Indonesia unggul dan pembinaan akhlak harus lebih ditekankan,” pungkas Wakil Ketua PCNU Pamekasan tersebut.


Reporter: Zainal
Editor: Ahnu