NEWS

Pelantikan PAC IPNU-IPPNU Pakong Dihadiri Tokoh-tokoh NU Pamekasan

PAMEKASAN — Pelantikan nakhoda baru Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kecamatan Pakong masa khidmat 2019-2021 di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Padukoan, Bicorong, Pakong berjalan lancar dan khidmat, Ahad (24/11/2019).

Tampak tokoh-tokoh NU Pamekasan turut hadir menyaksikan jalannya prosesi pelantikan.

Abdul Kholisin selaku ketua terpilih yang baru dilantik bersyukur, karena acara tersebut dihadiri oleh tokoh-tokoh panutan pemuda NU, seperti: Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Pamekasan KH. Taufik Hasyim, KH. Achmad Muzammil selaku pengasuh pesantren setempat yang juga sedang menjabat Wakil Rais PCNU Pamekasan, Ketua PC IPNU dan IPPNU Pamekasan, serta tokoh-tokoh NU lainnya.

“Bagi kami, hadirnya Ketua PCNU pada acara yang kami gelar adalah sesuatu di luar dugaan dan itu adalah sesuatu yang luar biasa dalam mengapresiasi bawahan,” ucapnya.

Ia berharap, prosesi pelantikan ini tidak hanya dianggap sekedar seremonial yang sifatnya formalitas saja. Akan tetapi, ia berkeinginan, pelantikan ini bisa dianggap sebagai momentum bangkitnya pergerakan pelajar Nahdlatul Ulama di Kecamatan Pakong.

“Harapan saya, momen pelantikan ini tidak hanya sekedar seremonial yang sifatnya formalitas belaka, tetapi juga dijadikan sebagai momen bangkitnya pergerakan pelajar di Pakong, sehingga nantinya akan muncul kader-kader NU yang militan, organisatoris handal yang sekaligus berjiwa Aswaja An-Nahdliyah,” harap pria asal Bicorong tersebut.

Acara yang dikemas dengan dialog interaktif bertajuk “Peran Strategis IPNU-IPPNU Sebagai Badan Kaderisasi Nahdlatul Ulama” tersebut dibagi menjadi tiga sesi, sesi pertama yaitu bedah tema yang diisi oleh Jamaludin, sesi kedua materi “Menggali Aswaja An-Nahdliyah dalam tubuh IPNU-IPPNU” yang diisi oleh K. Abdul Hamid Rokib, sesi ketiga materi “Organisasi Dalam Bingkai IPNU-IPPNU” yang diisi oleh Salman Al-Farisi.

Jamaluddin dalam kesempatan tersebut menuturkan, tema yang diusung pada acara pelantikan ini sangat relevan dengan tiga visi Pelajar Nahdlatul Ulama yaitu keagamaan, keilmuan dan pengaderan.

“Tema ini sudah sangat sesuai dengan visi Pelajar Nahdlatul Ulama yaitu keagamaan, keilmuan dan pengaderan” ungkapnya.

Akan tetapi, menurutnya, yang perlu dianggap penting ialah PAC IPNU-IPPNU Pakong ini lama tidak aktif. Oleh karenanya, tema tersebut beserta komposisi struktur yang baru dapat menjadikan PAC IPNU-IPPNU Pakong memberikan warna berbeda dibandingkan periode sebelum-sebelumnya, terutama dalam peningkatan kaderisasi.

“Yang terpenting adalah kesadaran bahwa PAC IPNU-IPPNU Pakong ini di tahun-tahun sebelumnya tidak aktif. Jadi, ke depan harus lebih aktif dari sebelumnya, terutama dalam pengaderan,” imbuh alumnus Universitas Islam Madura (UIM) Pamekasan terebut.


Reporter: Ali Wafa
Editor: Abror