NEWS

Santri Baru Pon. Pes. Karangdurin Terus Bertambah

SAMPANG — Semakin tahun Pondok Pesantren (Pon. Pes.) Karangdurin, Tlambah, Karangpenang, Sampang, terus mengalami peningkatan. Terbukti sampai saat ini santri baru masih terus bertambah.

Abd. Mannan Hasan selaku penanggung jawab penerimaan santri baru menuturkan, santri baru masi terus berdatangan.

“Alhamdulillah, pendaftaran santri baru dua hari ini sudah ada kurang lebih 100 santri baru putra putri yang telah mendaftar dari jumlah penghuni santri lama sekitar 2000 lebih jumlah keseluruhan putra dan putri,” ucap Mannan, Kamis (20/06/2019) sore di sekretariat penerimaan santri baru.

Menurutnya, angka tersebut merupakan jumlah sementara. Karena biasanya, lanjut Mannan, angka itu akan terus bertambah hingga akhir bulan Syawal. Jika mengacu pada tahun-tahun sebelumnya, jumlah santri baru mencapai di kisaran angka 400.

“Selain dari sekitar pondok, ada yang dari Karangpenang, Ketapang, Kalimantan, Banyuates, dan ada yg dari Palengaan Pamekasan,” papar Mannan.

Ia berharap pondok ini semakin maju, baik kualitas maupun kuantitas. Ia juga mengajak generasi muda dan penggiat pesantren supaya terus menggalakkan gerakan “Ayo Mondok”, menjadikan pesantren sebagai tempat pendidikan yang selalu diidam-idamkan.

“Karena di pondok itu tidak hanya diajarkan ilmu pengetahuan dan intelektualitas semata, namun juga pemberdayaan akhlaq, pendidikan rohani, etika dan tatakrama. Bahkan adab makan, adab minum dan adab bersalamanpun diajarkan di pesantren,” pungkasnya.


Reporter: Mamluatul Islahiyah
Editor: Ahnu