NEWS

Tumbuhkan Nasionalisme Mahasiswa, HIMA TBIN IAIN Madura Datangkan Tokoh NU

PAMEKASAN — Guna menumbuhkan nasionalisme di kalangan mahasiswa, Himpunan Mahasiswa (HIMA) Tadris Bahasa Indonesia (TBIN) IAIN Madura menggelar kegiatan seminar nasional yang bertema “Jangan Suriahkan Indonesia”, Selasa malam (27/02/2019) di Auditorium kampus setempat.

Acara tersebut menghadirkan tiga tokoh Nahdlatul Ulama (NU): KH. Abdul Rasyid (PPM Aswaja), Najih Ar-Romdhani (Ikatan Alumni Syam Indonesia), Rijal Mumazziq Zionis (Rektor IAIN Al-Fa lah jember).

Kegiatan ini juga dihadiri Zainul Hasan selaku Wakil Dekan 3 Fakultas Tarbiyah yang juga aktif di PCNU Pamekasan, Hafidz Efendi selaku Ketua Prgram Studi (Prodi) TBIN, dosen, undangan, ORMAWA (Organisasi Mahasiswa), dan ratusan mahasiswa.

Kepada NU Online Pamekasan, Ach. Muammil selaku Ketua Panitia menuturkan, acara tersebut merupakan rentetan acara peringatan hari lahir TBIN dengan tajuk “Ngemotih Are Lahir TBIN”.

“Acara ini sudah yang ketiga kalinya dalam ‘Ngemotih Are Lahir TBIN’: pertama donor darah, yang kedua don-candon budaya,” tuturnya.

Ia juga meminta maaf mengingat pada acara tersebut seharusnya dihadiri Ketua PWNU Jawa Timur, KH. Marzuki Mustamar, yang berhalangan.

“Permohonan maaf dari kami, karena pada pamflet yang sudah beredar kita akan mendatangkan Kiai Marzuki Mustamar, namun ketika pas acara beliau tidak bisa hadir karena ada halangan,” paparnya.

Sementara itu, Zainul Hasan menyampaikan, acara tersebut sangat sesuai dengan tiga visi dari fakultas tarbiyah.

“Karena di (Fakultas. Red.) Tarbiyah itu ada penunjangan mahasiswa dalam hal karakter, intelektual, bakat minat, pengabdian,” ucap Wakil Ketua PCNU Pamekasan tersebut.


Reporter: Syarofi-Zainal
Editor: Ahnu