NEWS

Bahas Manajemen Perguruan Tinggi NU, Ketua PBNU Sowan Ke Kiai Muddatstsir

PAMEKASAN – Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Bidang Pendidikan, Dr. KH. Hanief Saha Ghafur, M.Si, sowan ke Mustasyar PWNU Jawa Timur, KH. Muhammad Muddatstsir Badruddin, Sabtu (13/02/2021) di Pondok Pesantren (PP) Miftahul Ulum Panyeppen, Potoan Laok, Palengaan, Pamekasan, Jawa Timur.

Kedatangan Ketua Program Doktor Kajian Stratejik dan Global Universitas Indonesia (UI) itu, guna membahas implementasi empat tahap manajemen dan tata kelola Perguruan Tinggi Nahdlatul Ulama (PTNU) baru.

“Pertama, tahap persiapan berdirinya perguruan tinggi untuk memperoleh izin; kedua, penawaran perdana kepada publik; ketiga, tahap pengembangan administrasi ke arah Good University Governance (GUG); dan keempat, tahap pengembangan manajemen mutu dan tata kelola akademik yang baik,” jelas alumnus PP. Sidogiri, Pasuruan, Jawa Timur itu.

Lebih lanjut, Kiai Hanief memaparkan tahap pengembangan perdana perguruan tinggi baru. Menurutnya, ada empat manajemen yang sangat dibutuhkan pada tahap pengembangan perdana bagi PTNU baru.

“Empat poin tersebut meliputi manajemen pencitraan, manajemen pemasaran, manajemen kewirausahaan dan investasi pendidikan tinggi, terakhir manajemen keuangan,” paparnya.

Sementara itu, KH. Muhammad Muddatstsir Badruddin menyambut baik kedatangan kiai kelahiran Probolinggo, 28 Desember 1960 ini. Hal itu diungkapkan Maltuful Anam, asisten pribadi Kiai Muddatstsir, Ahad (14/02/2021).

“Karena selain membicarakan manajemen dan tata kelola akademik, pertemuan itu juga membahas pengembangan kampus STAI Miftahul Ulum yang ada di sini (PP. Miftahul Ulum Panyeppen, Red.) untuk membuka S2 dan sinergitas dengan Nahdlatul Ulama,” ungkap Ketua MDS Rijalul Ansor PC GP Ansor Pamekasan tersebut.

Hadir pada kesempatan itu, KH. Taufik Hasyim, Ketua PCNU Pamekasan, dan sivitas akademika STAI Miftahul Ulum Pamekasan.


Reporter: Aboonk
Editor: Ahnu