NEWS

Fatayat NU Pamekasan Gelar Operasi Bibir Sumbing Gratis

PAMEKASAN – Bibir sumbing merupakan penyakit bawaan, terjadi saat lahir yang diakibatkan karena kegagalan pembentukan organ rahang pada janin. Biasanya terbentuk pada usia minggu ke-4 dan minggu ke-7 kehamilan.

Usia yang direkomendasi operasi, ketika bayi masih umur 1-3 bulan agar tidak kesulitan dalam operasi. Guna menangani hal tersebut, Fatayat NU Pamekasan menggelar operasi gratis yang diberikan kepada warga Madura, bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan mulai Sabtu-Ahad (29-30/05/2021) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pamekasan.

Ketua Fatayat NU Pamekasan, Ny. Mailah mengungkapkan terdapat sembilan orang yang mendaftar operasi tersebut dengan usia minimal 3 bulan dari Kabupaten Pamekasan dan Sampang.

“Ini sebagai bentuk nyata kami dalam mengemban amanah kemanusiaan. Bahwa kami sangat peduli pada mereka yang memiliki kelainan,” katanya.

Prosedur operasi ini bisa memperbaiki penampilan wajah anak. Selain itu, operasi ini juga bertujuan memperbaiki fungsi pernafasan, pendengaran, dan berbicara.

“Kami bersyukur masih bisa membantu mereka. Semoga ini menjadi sesuatu yang berharga dan bermanfaat bagi mereka yang memiliki keterbatasan,” pungkasnya.


Reporter: Batam
Editor: Redaksi