NEWS

GP Ansor Pamekasan Kecam Tindak Kekerasan Kepada Syekh Ali Jaber

PAMEKASAN – Dua hari terakhir ini masyarakat Indonesia dihebohkan oleh beredarnya video penyerangan seorang pemuda kepada Syekh Ali Jaber saat mengisi acara di Halam Masjid Falahuddin, Kecamatan Tanjung Karang Barat, Bandar Lampung, Ahad (13/09/2020).

Dalam video tersebut terlihat seorang pemuda berbaju biru lari ke atas panggung dan secara brutal menusukkan pisau ke ke Syekh Ali. Meski sempat menangkis tusukan itu, bagian atas lengan kanannya terluka dan harus dilarikan ke Puskesmas terdekat.

Moh. Elman, Wakil Bendahara Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Pamekasan, mengecam tindak kekerasan yang belakangan diketahui dilakukan oleh seorang pemuda 24 tahun berinisial AA.

“Selama kurun waktu beberapa bulan ini ada beberapa kejadian di tanah air Indonesia yang kemudian GP Ansor dan Banser (Barisan Ansor Sebaguna, Red.) harus turun untuk menyelesaikan persoalan tersebut, baik ancaman radikalisme agama dan beberapa kejadian bentuk ancaman kekerasan,” ujar Elman, Ahad malam (13/09/2020), di Kantor PC GP Ansor Pamekasan, Jl. R. Abd. Aziz, No. 95.

Mantan aktivis Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Pamekasan itu meminta pihak terkait agar menyelesaikan kasus tersebut secara tuntas. Siapapun pelakunya, lanjut Elman, harus diberi sanksi sesuai ketentuan hukum yang berlaku supaya tindakan serupa tidak terjadi lagi, khususnya di Nusantara.

“Kami minta pihak-pihak yang terkait dalam kasus ini bisa menindak tegas AA yang secara jelas melakukan tindak kekerasan di hadapan umum. Jangan sampai kasus serupa kembali terjadi di negeri ini,” pungkas dosen di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura Pamekasan ini.


Reporter: Maluck Young
Editor: Aboonk