NEWS

Harapan Mustasyar PCNU Pamekasan di Harlah ke-98 NU

PAMEKASAN – KH. Abd. Hamid Mannan selaku Mustasyar PCNU Pamekasan, berharap di hari lahir (Harlah) ke-98 Nahdlatul Ulama (NU),  NU bisa semakin meningkatkan kualitas diri kepada agama dan masyarakat.

Hal itu disampaikannya saat memberikan arahan ke-NU-an di kegiatan tasyakuran Harlah NU yang dikemas dengan istigasah dan zikir bersama oleh PCNU Pamekasan di Aula PCNU Pamekasan Jl. Abd. Aziz No. 95 Pamekasan, Sabtu malam (27/02/2021).

“Melalui momen harlah, saya berharap NU lebih meningkatkan silaturrahim, meningkatkan keilmuan, dan kajian keislaman,” tutur Kiai Hamid.

“Serta kualitas masyarakat, merancang masa depan NU sehingga NU selalu membawa manfaat kepada bangsa dan negara,” tegasnya.

Tidak hanya itu, ia juga berharap, NU bisa meningkatkan khittahnya sebagai landasan amar ma’ruf nahi munkar. “Sehingga tidak hanya fokus amar ma’ruf saja, tapi nahi munkar juga ditingkatkan sehingga sikap nahi munkar tidak dilakukan kelompok lain yang terkadang over,” harapnya.

Sebelumnya, ia mengajak warga NU Melalui kegiatan Harlah ini, NU harus bisa melakukan tiga hal. 

“Sebagai refleksi, NU harus bercermin masa lalu, meneladani jejak tokoh dan harus melakukan optimalisasi program NU masa kini,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu, pengasuh Pondok Pesantren Sabilul Ihsan itu memberikan paparan sejarah tentang perjuangan KH. Ahmad Syarqawi, Ketua Tanfidziah PCNU Pamekasan era 60-an.

“KH. Syarqawi semasa hidupnya aktif di NU lebih mementingkan kepentingan dan keselamatan NU dari pada kepentingan pribadinya,” jelasnya.

“Pernah suatu ketika di usianya yang telah senja beliau menghadiri upaca bendera dengan pakaian lengkap padahal nyawanya sudah sangat memprihatinkan. Santrinya berharap kiai untuk istirahat, tetapi Kiai Syarqawi tetap melanjutkan kegiatan demi menjaga nama baik NU,” tuturnya.

Selain itu, Kiai Hamid juga mengapresiasi kepemimpinan Kiai Taufik dalam memimpin NU di Pamekasan.

“Bagi saya kepemimpinan beliau sebagai ketua NU di Pamekasan adalah masa keemasan NU, sebab beliau telah berhasil menyempurnakan program pengurus NU sebelumnya, lembaga dan Banom aktif hingga ke ranting, ekonomi jalan, bahtsul masail jalan tinggal dipertahankan dan dikembangkan,” imbuhnya.

Hadir dalam acara tersebut, KH. Abd. Hamid Mannan Mustasyar PCNU Pamekasan, KH. Kholilurrahman Mustasyar PCNU Pamekasan, KH. Ach. Muzammil Wakil Rais Syuriah, KH. Ali Rahbini Wakil Rais Syuriah, KH. Ach. Wahdi Musyaffa’ Wakil Rais Syuriah, K. Abd. Bari Katib, KH. Taufik Hasyim Ketua PCNU Pamekasan, pengurus PCNU Pamekasan, Ketua MWCNU tiap kecamatan dan ketua lembaga dan Banom PCNU Pamekasan.


Reporter: Syarofi
Editor: Ahnu