NEWS

HSN 2019, NU Online Akan Gelar DJS 2

PAMEKASAN — Guna memeriahkan peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2019, NU Online Pamekasan akan menggelar Diklat Jurnalistik (DJS) ke 2 yang diagendakan berlangsung Rabu-Jumat (23-25/10/2019) mendatang di Aula Kantor PCNU Pamekasan lantai 2, Jl. R. Abd. Aziz, No. 95.

Muhammad Ahnu Idris selaku Ketua Panitia DJS 2 mengatakan, kegiatan ini merupakan kelanjutan DJS Pelopor pada peringatan HSN 2018 lalu yang bertujuan mencetak calon jurnalis muda berpaham Ahlussunnah wal Jamaah An-Nahdliyah.

Editor NU Online Pamekasan itu melanjutkan, kegiatan yang akan digelarnya dikhususkan kepada lembaga, Badan Otonom (Banom) di lingkungan PCNU Pamekasan, dan mahasiswa-mahasiswa NU yang sedang menuntut ilmu di beberapa kampus di Pamekasan. Tidak hanya itu, kegiatan yang digelarnya hanya membatasi 25 peserta.

DJS 2 ini berbeda dibandingkan DJS sebelumnya. Peserta, tutur Ahnu, akan lebih banyak praktek. Jika dipersentasekan, materi 30 persen, 70 persen praktek di lapangan seperti teknik wawancara, menggali data dan menulis berita, serta praktek lain sesuai materi yang diperoleh di forum.

“Nanti, panitia juga akan menyeleksi hasil praktek peserta. Peserta terbaik akan direkrut menjadi reporter NU Online (Pamekasan. Red.),” imbuhnya, Ahad (06/10/2019) sore di Kafe 9, Kompleks PCNU Pamekasan, usai rapat DJS 2.

Dijelaskan Ahnu, persyaratan calon peserta DJS 2: kader muda NU, mengisi formulir, membawa surat rekomendasi dari Lembaga dan Banom NU. “Intinya, persyaratan peserta seperti yang sudah beredar melalui publikasi di media-media sosial,” pungkasnya.


Reporter: Zainal
Editor: Wiyono