NEWS

LFNU Pamekasan, Nishfu Sya’ban 1440 H Jatuh Malam Ahad

PAMEKASAN — Berasarkan pantauan Lembaga Falakiyah Nahdlatul Ulama (LFNU) Pamekasan, malam Nishfu Sya’ban jatuh pada hari Sabtu (malam Ahad). Hal itu diungkapkan Mohammad Hosen, Ketua LFNU Pamekasan, Jumat (19/04/2019) di Kantor PCNU Pamekasan, Jl. R. Abd. Aziz No. 95, Jungcangcang, Pamekasan.

Menurut Hosen, ijtimak akhir Rajab di wailayah Pamekasan terjadi pada hari Jumat Kliwon (05/04/2019) dengan ketinggian hilal mencapai dua derajat selama 15 menit 11 detik.

“Menurut kriteria imkan rukyah, tanggal 1 Sya’ban 1440 Hijiryah jatuh pada malam Sabtu. Demikian pula dengan kriteria wujudul hilal Muhammadiyah,” papar Hosen.

Hosen memenambahakan, NU yang menganut rukyatul hilal, pada Jumat sore tidak ada satupun perukyat yang melaporkan terlihatnya hilal, sehingga jalan yang ditempuh adalah istikmal.

“Dengan demikian, tanggal 1 Sya’ban jatuh pada hari Sabtu, malam Ahad, bertepatan dengan tanggal 6 April 2019. Oleh karena itu, Nishfu Sya’ban jatuh pada hari Sabtu, malam Ahad tanggal 20 April 2019,” pungkasnya.


Reporter: Abror
Editor: Ahnu