BANOM NEWS

MWCNU Larangan Akreditasi 14 Ranting

PAMEKASAN – Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Larangan, Kabupaten Pamekasan, melakukan akreditasi kepada 14 ranting NU. Akreditasi dilakukan selama beberapa hari. Tim akreditasi, blusukan ke ranting-ranting untuk memastikan kondisi riil ranting.

Rais Syuriah MWCNU Larangan, KH. Syaifuddin Syam menjelaskan, akreditasi ranting di bawah naungan MWCNU menjadi bagian dari rangkain kegiatan Harlah yang mana puncaknya akan dilaksanakan pada hari Sabtu (4/5/2019). Selain itu, untuk melakukan pembenahan organisasi dan administrasi ranting NU.

“Kesadaran jam’iyah NU harus terus ditanamkan sampai ke tingkat ranting. Pedomannya tetap mengacu kepada AD/ART NU,” terang Kiai Syaifuddin Syam.

Kiai Syaifuddin menambahkan, pengurus ranting juga perlu pendampingan untuk tertib administrasi. Sehingga, setiap kegiatan di ranting bisa terdokumentasi dengan baik. Dengan demikian, tidak ada laporan kegiatan fiktif dimana dampaknya langsung dirasakan jemaah NU dan masyarakat lainnya.

“NU betul-betul hadir di tengah-tengah masyarakat dan bisa memberi manfaat dunia dan akhirat,” imbuh kiai yang juga dewan pengasuh pondok pesantren Al Huda, Sumber Nangka, Duko Timur ini.

KH. Bukhari Ahyar, Wakil Ketua MWCNU Larangan mengungkapkan, akreditasi ranting mampu memberikan motivasi kepada pengurus ranting. Sehingga banyak ranting yang mampu meningkatkan kesadaran administrasi. Bahkan, ada ranting yang siap untuk membangun kantor permanen dengan dukungan warganya.

“Temuan tim di bawah, banyak pengurus ranting yang sumber dayanya cukup bagus, administrasi dan dokumentasinya juga bagus. Ke depan tinggal terus ditingkatkan,” tandasnya.