NEWS

Pagelaran Seni Budaya Meriahkan HSN Lesbumi

PAMEKASAN — Guna memeriahkan Hari Santri Nasional (HSN) 2019, Lembaga Seniman Budayawan Muslimin Indonesia (Lesbumi) PCNU Pamekasan melaksanakan Pagelaran Seni dan Budaya, Sabtu malam (12/10/2019), di Kafe 9, Kompleks Kantor PCNU Pamekasan, Jl. R. Abd. Aziz, No. 95.

Turut serta memeriahkan kegiatan tersebut: Teater Kaged IAI Al-Khairat, Teater Rato Bhangsa STIEBA, Teater Fataria IAIN Madura, Teater Akura Unira, Teater Pangestu UIM, Musik Daul SMAN 1 Pademawu, Komunitas Ataretan: Santre Gus Dur, Komunitas Seni dan Budaya Paddhang Bulan. Tidak hanya itu, beberapa komunitas seni dan budaya serta warga dan kader NU juga turut ambil bagian.

Tampak hadir juga Ketua PCNU Pamekasan bersama pengurus lainnya, serta Lembaga dan Badan Otonom (Banom) di lingkungan PCNU Pamekasan.

Saat menyampaikan sambutan mewakili Ketua Umum PCNU Pamekasan, KH. Zainul Hasan menyampaikan, acara tersebut merupakan bentuk pelestarian seni sebagai pelanjut estafika para ulama terdahulu seperti Wali Songo, dai di bumi Nusantara, negara Hindu-Budha terbesar di Dunia waktu itu.

Dalam penyampaiannya Dosen IAIN Madura juga menyampaikan agar generasi muda NU melestarikan kesenian dan kebudayaan Nusantara.

“Lebih-lebih menghadapi era 4.0 ini banyak pekerjaan yang hilang. Diantaranya Tukang antar surat dan lain sebagainya,” lanjutnya.

Dalam kesempatan yang sama, KH. Ja’far Shodiq Fauzi memaparkan tentang seni dan budaya perspektif Islam.

“Tarian dan nyanyian itu halal selagi tidak menyimpang dari norma agama. Kesenian bisa juga dijadikan media dakwah, dan menenangkan hati dan pikiran seperti shalawatan,” jelasnya.


Reporter: Mamluatul Islahiyah
Editor: Ahnu