BANOM NEWS Tak Berkategori

PCNU Pamekasan Istiqomah Survei Hilal Awal Ramadhan

PAMEKASAN – Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Pamekasan, istiqomah setiap tahun ketika penentuan awal Ramadhan, selalu menggelar kegiatan rukyatul hilal melalui Lembaga Falakiyah NU (LFNU). LFNU menggelar rukyatul hilal di dua tempat berbeda, Ahad (5/5/2019) yakni di pantai Desa Ambat dan di observatorium lantai 5 IAIN Madura.

Ada 50 orang yang terlibat dalam kegiatan tersebut, termasuk mahasiswa dari beberapa perguruan tinggi di Pamekasan. Mereka ingin melihat langsung bagaimana program pencarian titik bulan yang dijadikan patokan untuk menentukan awal Ramadhan.

“Alhamdulillah NU istiqomah dalam mengawal kebutuhan umat Islam untuk mengetahui penentuan awal Ramadhan,” ujar KH. Taufik Hasyim, Ketua PCNU Pamekasan.

Kiai Taufik menambahkan, tidak hanya NU yang istiqomah dalam menentukan awal Ramadhan. Namun, ormas lainnya seperti Muhammadiyah, bersama NU turut memberikan waktu kepastian kepada umat Islam untuk memulai ibadah rukun Islam yang ke-3.

“Kalau NU dan Muhammadiyah istiqomah mendampingi kebutuhan umat jelang Ramadhan, meskipun berbeda dalam metodenya. Bagi kami bukan soal perbedaan antara keduanya, tetapi kepastian jawaban atas kebutuhan umat yang lebih utama,” ungkap Kiai Taufik.

Pengurus Besar Nahdlatul Ulama, sudah mengeluarkan ikhbar hasil rukyatul hilal kepada seluruh umat Islam, bahwa tim yang dibentuk di seluruh daerah, sudah berhasil melihat hilal. Dalam ikhbar tersebut dijelaskan, permulaan Ramadhan jatuh pada hari Senin tanggal 6 Mei 2019. Setelah ikhbar tersebut sampai secara massif, umat Islam di Indonesia langsung memulai beribadah solat taraweh di sejumlah masjid dan surau.

“Alhamdulillah informasi yang kami tunggu dari NU sudah diterima. Positif 1 Ramadhan dimulai malam ini,” ujar Kiai Amiruddin, Ketua Takmir Masjid Al Hidayah, Desa Tentenan Timur, Larangan.