Tak Berkategori

Peringati Haul Sesepuh, Warga Rakmerakan Gelar Pengajian Umum

SAMPANG – Guna memperingati haul para almarhum yang bersemayam di pasarean Dusun Rakmerakan Desa Tlambah Kecamatan Karangpenang Kabupaten Sampang, ratusan warga Rakmerakan memadati area pasarean, Jumat (31/7/2020).

Acara haul yang dikemas dengan pengajian umum itu menghadirkan mubalig kondang, yaitu Ketua Majelis Pemuda Bersholawat (MPB) KH. Moh. Khoiron Zaini. Dalam ceramahnya, Ketua Gerakan Pemuda Ansor Cabang Sampang itu berpesan agar masyarakat setempat selalu istikamah memperingati haul para pendahulunya.

Tidak hanya itu, kehadiran putra pengasuh kedua Pondok Pesantren Miftahul Ulum Karang Durin, Alm. KH. Ach. Zaini, itu mampu memancing perhatian warga, ratusan warga berduyun-duyun mendatangi area pengajian umum guna menyimak ceramahnya hingga kursi yang disediakan tidak mampu menampungnya.

Namun tidak hanya KH. Moh. Khoiron, dua mubalig lainnya yaitu pengasuh madrasah As-Sa’adeh, Ustaz H. Nasiruddin Syaiful Rijal dan Kiai Istiqom dari Pamekasan, turut memberikan wejangan kepada warga Rakmerakan agar selalu istikamah melakukan dan menukarkan hal-hal positif kepada warga setempat.

“Mulai saat ini mari setiap astah di Desa Tlambah khususnya astah di Dusun Rakmerakan agar diadakan kegiatan positif seperti pengajian. Setidaknya setiap Jumat legi diadakan yasinan dan tahlil bersama untuk mengingat para sesepuh yang sudah berpulang ke rahmatullah,” demikian disampaikan ustaz H. Nasiruddin Syaiful Rijal dalam ceramahnya.

Selain itu, acara digelar tepat pada hari Idul Adha 1441 hijriah tersebut juga dimeriahkan oleh penampilan group hadrah banjari remaja masjid (Remas). Group hadrah tersebut merupakan group asuhan salah seorang murid Habib Umar bin Hafidz Yaman, yaitu Kiai Shofwan Baihaqi. Warga yang hadir terlihat menikmati dan terhibur oleh setiap lagu yang dibawakannya.


Reporter: Wawan Handika
Editor: Ali Wafa