NEWS

Peringati IWD, KOPRI IAIN Madura Gelar Dialog Keperempuanan

PAMEKASAN — Sebagai refleksi peringatan International Women’s Day (IWD) atau Hari Perempuan Dunia, Korps PMII Putri (KOPRI) IAIN Madura menggelar dialog keperempunan di Cafe Sederhana Jalan, Jumat (08/03/19).

Acara tersebut dihadiri oleh Sitti Nur Aisyah (Presenter JTV Madura) dan Aminatur Rizkiyah (Founder Perempuan Perdamaian Sampang), keduanya bertindak sebagai pemateri, dan dikuti oleh pengurus Komisariat, dan anggota KOPRI dari masing-masing rayon (Febi, Fasya, dan Fakultas Tarbiyah) di bawah koordinasi Pengurus Komisariat Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PK PMII) IAIN Madura Pamekasan.

Dalam sambutannya, Ach. Faisal Dzat selaku Ketua Komisariat mengatakan, dirinya sangat mengapresiasi inisiatif KOPRI atas terselenggaranya acara tersebut.

“Ini membuktikan bahwa perempuan hari ini, khususnya KOPRI, sudah memiliki peran yang sangat baik terhadap bangsa ini,” ucap Faizal.

Ia berharap, ke depan KOPRI terus bergerak memberikan teladan terhadap masyarakat.

“Tunjukkan bahwa perempuan bukan hanya identik di dapur dan kasur, tapi KOPRI harus menjadi panutan perempuan yang lain melalui aktifitas yang positif,” harapnya.

Dalam acara tersebut, Aminatur Rizqiyah dalam pemaparannya lebih menekankan pada membangun motivasi peserta supaya tetap menjaga semangat juang dalam berproses. Sedangkan Sitti Nur Aisyah lebih memberikan pemaparan tentang hambatan yang telah dilalui hingga akhirnya diterima di JTV Madura.

Aminatur Rizqiyah yang juga Ketua Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (PC IPPNU) Kabupaten Sampang tersebut mengaku bangga bisa berbagi ilmu kepada anggota dan kader KOPRI pada acara tersebut.

“Sangat bangga karena dialog seperti ini menjawab pernyataan perempuan bisanya di sumur dan dapur. Semoga adik-adikku betah pada prosesnya, karena proses tidak akan menghianatti hasil,” ucap Alumni PMII STAIN Pamekasan (yang kini beralih menjadi IAIN Madura) tersebut.

Sementara itu, Aisyah dalam penyampaiannya mengaku bangga karena bisa menemukan perempuan yang sangat bersahabat.

“Jujur, saya ini alumni MAN 2 Pamekasan. Proses menuju presenter karena skillku. dan disini pula saya temukan perempuan baik. Tahun depan saya akan kuliah di IAIN Madura dan insya Allah akan masuk ke PMII,” tutur Aisyah disambut riuh tepuk tangan peserta forum.


Reporter: Syarofi
Editor: Ahnu