NEWS

Rancang Program Kerja, Lesbumi PCNU Pamekasan Canangkan Ketahanan Budaya

PAMEKASAN — Lembaga Seni Budaya Muslimin Indonesia (Lesbumi) Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Pamekasan menggelar musyawarah penyusunan Rancangan Program Kerja (Ranproker) di Kobhung Budaya Café Manifesco, Jl. Raya Jalmak, Taman, Laden, Pamekasan, Sabtu Siang (11/09/2021).

Bertema “Ketahanan Budaya”, Ahmad “Kekal” Hamdani, Ketua Lesbumi PCNU Pamekasan mengutarakan, tajuk tersebut merupakan upaya menginterpretasikan kebijakan-kebijakan PCNU Pamekasan yang diamanatkan kepada dirinya.

“Sebagai lembaga yang dimandati menjalankan kebijakan Nahdlatul Ulama di bidang seni dan kebudayaan, Lesbumi PCNU Pamekasan menilai penting upaya ‘ketahanan budaya’ digalakkan,” ucap Ra Hamdani, sapaannya.

Ra Hamdani juga menambahkan, dalam kesempatan itu merancang program yang akan menjadi agenda selama satu periode.

“Untuk itu, Lesbumi PCNU Pamekasan menyusun program yang tidak hanya berpaku pada ceremonial atau tontonan semata, melainkan secara serentak juga program yang bersifat rutin-berkala,” imbuhnya.

Tidak hanya itu, ia juga memaparkan, Lesbumi akan mengupayakan beberapa agenda agar lembaga yang dipimpinnya tidak hanya dikenal dengan formalitas kegiatan.

“Masih banyak yang menganggap bahwa mengurusi kesenian semata soal menggelar kerlap-kerlip panggung. Padahal, berbicara seni dan kebudayaan, kita berarti berbicara juga tentang gugusan nilai, norma, laku dan pandangan hidup suatu kelompok masyarakat,” lanjutnya.

“Berhasil tidaknya kesenian, tradisi dan kebudayaan menjadi modal sosio-kultural bergantung sangat dengan penghayatan kita tentang ketahanan budaya,” pungkasnya.


Reporter: Syarofi
Editor: Redaktur