NEWS

Santri Panyeppen Gelar Pelatihan Manasik Haji

PAMEKASAN — Santri Pondok Pesantren (PP) Miftahul Ulum Panyeppen Desa Potoan Laok, Kecamatan Palengaan, Pamekasan menggelar Diklat dan Pelatihan Manasik Haji di Halaman Masjid Jami’ Al Nashor, kompleks pesantren setempat, Jum’at (29/11/2019).

Pelatihan ini diikuti oleh santri tingkat Ulya, setingkat Madrasah Aliyah. Hal itu dikarenakan tingkatan ini merupakan tingkatan tertinggi dibandingkan tingkatan yang lain, Wustho dan Ula.

Tampak, para santri sangat antusias dan semangat saat KH. Rahbini Abdullatif PP. Miftahul Ulum Nurul Hidayah Masaran, Rek Kerrek, Palengaan menyampaikan materi dan bimbingan tentang tata cara manasik haji.

Sebelum praktek, mereka dibekali dan diberi pemahama terlebih dulu tentang teori manasik haji mulai jam 13:30 WIB sampai jam 15:30 WIB. Seusai materi, mereka langsung praktek.

Fathullah Syafi’i, Ketua Pelaksana yang juga staf Ulya mengatakan, tujuan terlaksananya Diklat Pelatihan Manasik Haji tersebut guna membekali para santri hususnya di tingkat ulya, agar mereka memiliki bekal ketika terjun ke masyarakat dan lebih memahami serta bisa mempraktekkan ketika menjadi pembimbing jemaah haji.

“Mereka termasuk kakak kelas tertua di bagian pendidikan, maka penting dikasih pembekalan seperti manasik haji,” imbuhnya.

Ketika masyarakat bertanya bagaimana tentang tata cara menasik haji, mereka bisa menjawab dan bisa mempraktekkan langsung.

“Tidak hanya teoritis, tapi langsung ke praktek yang hasilnya lebih baik dari pada hanya teori,” pungkasnya.


Reporter: Rohim (NUO.19-025)
Editor: Ahnu