NEWS

SMK Miftahul Ulum Kebun Baru Adakan Program SMK Mini

PAMEKASAN — Demi melahirkan generasi yang berkualitas, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Miftahul Ulum Kebun Baru menggelar SMK mini di laboratorium tata busana sekolah, kompleks Pondok Pesantren Miftahul Ulum Kebun Baru Putri, Kacok, Palengaan, Pamekasan, Jawa Timur.

Kegiatan yang diikuti siswa, alumni dan masyarakat umum ini diagendakan selama empat bulan, mulai Rabu (01/01/2020) sampai Kamis (30/4/2020). Para peserta akan menerima materi satu minggu dua kali.

Yanto, Kepala Sekolah SMK Miftahul Ulum Kebun Baru menjelaskan, SMK mini ini merupakan program Mantan Gubernur Jawa Timur, Soekarwo, pada tahun 2014, yang bertujuan menghapus stigma lulusan SMK hanya akan menambah jumlah pengangguran. Yanto mengaku, program yang dipilihnya sudah ada surat izin dan lebel.

Ia mengungkapkan, banyak program-program yang ditawarkan pemerintah pusat, tetapi pihaknya lebih memilih tema pelatihan menjahit dan pengelolaan kain perca menjadi tas mini. Semua itu tergantung sekolah yang akan mengelola.

“Bagaimana sekiranya setelah SMK mini ini tidak hanya selesai di program itu. Jadi, mereka itu punya keterampilan, wirausaha sendiri, minimal mereka bisa menguasai entrepreneur, dan nama produk kami yaitu Miken Natural Bag,” tuturnya, Jumat (06/03/2020), di Kantor SMK Miftahul Ulum Kebun Baru.

Yanto menambahkan, Siswi lulusan SMK dan masyarakat juga mempunyai keterampilan berwirausaha. SMK mini tidak hanya memberikan materi tentang produksi, tetapi juga materi pemasaran.

“Harapan saya ke depannya, setelah SMK mini ini kita mempunyai produk khusus yang layak dijual. Jadi, kita punya ruang produksi sendiri, anggaplah kita punya konfeksi,” harapnya.


Reporter: Izha (NUO.03-36)
Editor: Aboonk