NEWS

Unik, GP Ansor dan IKA-PMII Palengaan Perkenalkan NU Kepada Kaum Milenial Lewat Game Online

PAMEKASAN — Banyak cara yang dapat dilakukan guna memperkenalkan Nahdlatul Ulama (NU) kepada kalangan muda atau kaum milenial. Begitu juga, banyak media yang bisa dimanfaatkan dalam upaya memberikan pemahaman tentang NU kepada generasi digital.

Hal di atas sebagaimana inisiatif Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor bersama PAC Ikatan Alumni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Kecamatan Palengaan. Kedua organisasi ini menggelar laga final turnamen olahraga elektronik atau e-Sport se-Madura di Aula Kantor Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Pamekasan, Ahad (09/01/2022).

Ada empat divisi dipertandingkan pada turnamen game online yang dimulai sejak tanggal 02 Januari 2022 ini: Player Unknown’s Battle Ground (PUBG) Mobile, Free Fire (FF), Mobile Legends (ML), dan Pro Evolution Soccer (PES). Sebanyak 112 klub e-Sport dari empat kabupaten di Madura turut ambil bagian dalam turnamen ini. PUBG diikuti 18 klub, ML sebanyak 16 klub, FF diikuti 48 klub, dan PES sebanyak 30 orang.

“Ini salah satu cara kami berdakwah: memanfaatkan semaksimal mungkin media yang ada sesuai dengan sasaran. Karena yang disasar kegiatan ini adalah digital native (generasi digital, Red.), maka kami memanfaatkan game online untuk memperkenalkan NU kepada mereka,” ujar Abd. Kholik, Ketua PAC IKA-PMII Kecamatan Palengaan.

Hal senada disampaikan Muhammad Ahnu Idris. Menurutnya, para kiai NU mengajarkan warga nahdliyin agar lebih mengedepankan dakwah bi al-hikmah atau kebijaksanaan, yakni bijaksana memilih materi dakwah, bijaksana memilih metode dakwah, dan bijaksana memilih media dakwah.

“Selain berdakwah, yang tidak kalah penting dari kegiatan ini adalah memunculkan potensi atlet-atlet e-Sport yang ada di Madura. Apa lagi sekarang e-Sport sudah masuk pada cabang olahraga resmi di bawah KONI (Komite Olahraga Nasional Indonesia, Red), dan akan dipertandingkan pada pesta olahraga seperti Asian Game 2022. PON Papua tahun kemarin e-Sport juga dipertandingkan,” papar Ketua PAC GP Ansor Kecamatan Palengaan ini.

Tambahan informasi, dalam turnamen ini peserta memperebutkan total hadiah 9 juta rupiah: juara pertama satu juta rupiah, juara kedua 750 ribu rupiah, juara ketiga lima 500 ribu rupiah, dan juara keempat 150 ribu rupiah, serta tropi dan sertifikat.

Saat berita ini diturunkan, kegiatan yang akan berlangsung sampai jam 21:00 WIB tersebut sedang berlangsung.


Reporter: Wasil
Editor: Redaktur